
Pelaku bisnis perhotelan optimistis libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) mampu mendongkrak angka okupansi hingga lebih dari 90 persen. Hotel-hotel pun bersiap menyambut momentum high seasion itu dengan menyiapkan sederet program promo kuliner, paket menginap, hingga event menarik demi menggaet lebih banyak wisatawan.
Salah satunya Hotel Artotel Suites Bianti Yogyakarta yang menargetkan tren okupansi positif dengan menghadirkan program kuliner dan hiburan bertema Natal dan Tahun Baru. Untuk malam Natal, hotel ini akan menyajikan Christmas Eve Dinner dengan konsep all you can eat yang menampilkan Rahang Tuna, Roasted Turkey, Herb Roasted Beef, dan berbagai menu spesial lainnya.
Sementara pada malam pergantian tahun, hotel tersebut mengusung konsep 80’s New Year Celebration dengan menghadirkan musisi Ophie Danzo sebagai bintang tamu. Dekorasi retro dan hiburan interaktif diproyeksikan menjadi daya tarik untuk menggaet tamu, khususnya segmen keluarga.
Director of Sales & Marketing Artotel Suites Bianti, Yusnie Azhari, menyebut program tematik ini disiapkan untuk mendorong tingkat hunian sepanjang high season.
“Momentum libur Nataru menjadi peluang strategis meningkatkan performa bisnis perhotelan. Dengan tinggnya permintaan masyarakat terhadap perjalanan liburan, khususnya di Yogyakarta dan Solo,” ujar Yusnie saat ditemui wartawan di Resto Losso Kitchen Hotel Laksana Solo, Minggu, 23 November 2025.
Yusnie menyebut target yang dituju pada periode tersebut adalah segmen keluarga sebagai target pasar utama yang potensial. Segment ini memiliki karakter yang dinamis, pengalaman yang tidak sekadar menginap, serta cenderung mendekati nilai-nilai kebersamaan.
Oleh karena itu, manajemen menerapkan strategi dengan mengadakan program tematik yang di-bundling dengan kamar, bahkan bersinergi dengan tujuan destinasi di Yogyakarta agar menarik pasar. Selain itu, ada promosi dengan harga terjangkau serta aktivasi konten kreatif juga gencar dilakukan.
“Untuk mendukung program-program tersebut, tentu dibutuhkan publikasi media secara masif serta pelaku industri kreatif, khsusunya Key Opinion Leader dalam memperluas jangkauan pasar, sehingga meraih performa yang maksimal. Disisi lain, kami terus mempersembahkan program untuk menjamin pengalaman yang terbaik bagi tamu”, tuturnya.
Adapun dari manajemen Hotel Laksana Solo Managed by Dafam juga menunjukkan optimisme serupa. Meningkatnya minat wisatawan untuk menghabiskan libur Nataru di Solo membuat manajemen hotel yakin dapat mencapai okupansi di atas 90 persen selama periode tersebut.
Digital Marketing Operation Hoyrl Laksana Solo Felix Fernando mengatakan akan menawarkan promo bundling khusus kamar dan dinner di Resto Losso Kitchen baik untuk malam Natal maupun Tahun Baru.
“Untuk malam Natal, kami ada paket bundling kamar dan dinner belerka sama dengan Losso Kitchen, bisa mengambil dinner-nya saja. Begitu juga untuk tahun baru juga kami paket bundling dengan harga di rate mulai Rp 500 ribuan,” kata Felix.
Pilihan Editor: Kami Hampir Tidak Punya Pesaing



