
PT KERETA Api Indonesia (Persero) atau KAI menyediakan total sebanyak 391.480 seat atau tempat duduk kereta api jarak jauh dan lokal keberangkatan awal dari Daerah Operasi 6 Yogyakarta selama 18 hari momentum Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru). Masa Angkutan Nataru tersebut dimulai pada 18 Desember 2025 sampai 4 Januari 2026.
Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih merinci dari total 391.480 tempat duduk yang disediakan selama Nataru itu, terdiri atas 333.466 seat kereta api jarak jauh dan menengah keberangkatan awal Daop 6 Yogyakarta, dan 58.014 seat kereta api lokal di Daop 6 Yogyakarta.
“Rata-rata ada 21.425 tempat duduk yang disediakan setiap harinya,” ujar Feni kepada wartawan di Solo, Rabu, 26 November 2025.
KAI mencatat hingga Rabu siang, 26 November 2025 pukul 12.00 WIB, sebanyak 82.140 tiket kereta api keberangkatan awal Daop 6 Yogyakarta telah terjual atau 21 persen dari total tempat duduk yang tersedia, yakni 391.480 seat. Adapun jumlah total 391.480 seat kereta api ini meliputi 303.570 seat kereta api Nataru regular dan 87.910 kereta api tambahan.
KAI Daop 6 Yogyakarta pun mengimbau kepada masyarakat untuk memesan tiket liburan Nataru untuk perjalanan yang lebih nyaman.
“KAI mengimbau kepada masyarakat agar jangan lupa merencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun,” katanya.
Tiket kereta api Nataru 2025/2026 sudah bisa dipesan mulai tanggal 3 November 2025 lalu. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket kereta api lainnya.
Adapun perkiraan volume tertinggi libur Nataru 2025/2026 akan terjadi pada Minggu, 28 Desember 2025, dengan penjualan tiket pada kereta api favorit keberangkatan dari wilayah Daop 6 di antaranya KA Senja Utama YK, KA Fajar Utama YK, KA Mataram, KA Bogowonto, KA Sri Tanjung, dan KA Bengawan sudah mencapai angka 100 persen.
Sementara untuk kereta api eksekutif, seperti KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Manahan relasi dari Solo Balapan-Gambir dan KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir telah mencapai rata-rata di atas 90 persen.
Informasi terkait perjalanan kereta api, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.
Pilihan Editor: Teknologi Sinyal Kereta Api yang Diklaim Lebih Hemat Energi



