Persiapan menyambut musim MotoGP 2026 telah resmi dimulai! Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, menjadi saksi bisu sesi tes pascamusim yang berlangsung pada hari Selasa, 18 November 2025. Para pembalap dan tim berpacu dengan waktu untuk menjajal inovasi terbaru dan menemukan setelan terbaik untuk motor mereka.
Aprilia Unjuk Gigi, Fernandez Tercepat
Sorotan utama pada tes kali ini tertuju pada Raul Fernandez dari Trackhouse MotoGP Team. Pembalap satelit Aprilia ini tampil memukau dengan catatan waktu terbaik 1:29.373. Tak hanya itu, rekan sesama Aprilia, Marco Bezzecchi dari Aprilia Racing, juga berhasil mengamankan posisi kedua. Hasil gemilang ini tentu menjadi modal berharga bagi pabrikan Noale, Italia, untuk memasuki jeda musim dingin dengan semangat membara.
Bezzecchi sendiri terlihat aktif menguji coba perubahan aerodinamika terbaru pada RS-GP, termasuk bagian depan, samping, dan belakang yang tampil dengan corak hitam-putih yang mencolok. Sementara itu, sang Juara Dunia 2024, Jorge Martin, tak ketinggalan mencoba sasis yang sebelumnya digunakan oleh Bezzecchi di beberapa balapan terakhir. Martin mengaku langsung merasakan dampak positif dari perubahan tersebut. Baginya, mendapatkan pengalaman berkendara dan menguji paket aero baru menjadi prioritas utama sebelum menikmati libur musim dingin, apalagi mengingat kondisinya yang baru pulih dari cedera.
Fernandez dan rekan setimnya, Ai Ogura, juga menyatakan kepuasannya meskipun belum sempat menjajal part baru. Ogura tercatat sebagai pembalap yang melahap lap terbanyak (64 lap), sementara Fernandez fokus pada penyesuaian elektronik yang sulit dilakukan saat balapan sesungguhnya.
Ducati Mengembangkan GP26, Bagnaia Mulai Tersenyum
Di kubu Ducati, Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team langsung tancap gas memulai pengembangan motor GP26. Meskipun sempat mengalami insiden terjatuh, Pecco mengaku puas dengan feeling bagian depan motor versi pertama GP26 yang terasa jauh lebih baik saat memasuki tikungan.
Rookie Nicolo Bulega tampil impresif dan sempat menjadi pembalap Ducati tercepat, sebelum akhirnya menempati posisi ke-8. Fermin Aldeguer, rookie lainnya, yang menjajal GP25 untuk pertama kalinya, berhasil finis di posisi ke-4, tepat di bawah Alex Marquez yang mengamankan posisi ke-3. Celestino Vietti dari tim VR46 mendapat kesempatan untuk menggantikan Franco Morbidelli yang cedera dan mencatatkan debutnya di MotoGP.
KTM, Yamaha, dan Honda Tak Mau Ketinggalan
KTM juga tak tinggal diam dan sibuk menguji part baru. Pedro Acosta (P5) dan Brad Binder (P9) mencoba side fairing baru pada RC16 mereka. Sementara itu, di tim Tech3, Maverick ViƱales (P6) dan Enea Bastianini (P17) fokus pada konfigurasi jok baru untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.
Honda memberikan kesempatan kepada tiga pembalap kontrak pabrikan mereka untuk mencoba RC213V versi 2026 yang dilengkapi dengan mesin baru dan unit jok belakang yang diubah total. Juara dunia Moto2, Diogo Moreira, juga melakukan debutnya di MotoGP dan mengakhiri hari di posisi ke-22.
Namun, perhatian terbesar tertuju pada Yamaha. Pabrikan Iwata ini tampil beda dengan motor YZR-M1 bertenaga V4 yang baru. Lebih heboh lagi, Juara WorldSBK tiga kali, Toprak Razgatlioglu, melakukan debut publiknya bersama Yamaha. Toprak tampil sangat mengesankan dengan finis hanya sekitar 0,75 detik di belakang pembalap tercepat Yamaha, Fabio Quartararo (P15). Ia bahkan lebih cepat dari beberapa pembalap tetap MotoGP.
Quartararo mengonfirmasi bahwa mereka masih mencari base setting untuk mesin V4 baru ini dan akan melanjutkan tes secara privat di Valencia.
Setelah kerja keras yang intens ini, semua tim kini akan menikmati jeda musim dingin yang sangat dibutuhkan sebelum kembali beraksi di Shakedown dan Tes Resmi Sepang pada bulan Februari mendatang. Kita tunggu saja kejutan apa lagi yang akan disiapkan oleh para pabrikan dan pembalap untuk musim MotoGP 2026!
Ringkasan
Tes pramusim MotoGP 2026 di Valencia diwarnai dominasi Aprilia, khususnya Raul Fernandez dari tim Trackhouse yang mencatatkan waktu tercepat. Marco Bezzecchi dari Aprilia Racing juga tampil kompetitif, menguji coba aerodinamika baru. Sementara itu, Jorge Martin menjajal sasis yang sebelumnya digunakan Bezzecchi, memberikan indikasi positif sebelum jeda musim dingin.
Yamaha mencuri perhatian dengan motor YZR-M1 bertenaga V4 baru, dan debut impresif Toprak Razgatlioglu. Ducati fokus pada pengembangan GP26 dengan Francesco Bagnaia yang mencoba versi pertama. KTM dan Honda juga tidak ketinggalan menguji part baru dan konfigurasi motor untuk musim depan, sebelum jeda musim dingin dan tes lanjutan di Sepang.



