OTODRIVER – Bagi para penggemar performa tinggi yang merasa tampilan Toyota GR Yaris facelift masih belum cukup agresif, pabrikan otomotif Jepang ini kini menawarkan solusi menarik. Toyota baru saja meluncurkan Paket Aero Performance eksklusif, dirancang khusus untuk hatchback tiga pintu bertenaga buas yang kental dengan aura reli.
Paket aerodinamika ini terdiri dari enam komponen kunci yang fokus pada peningkatan performa dan estetika. Dimulai dari bagian depan, hadir kap mesin aluminium yang dilengkapi dengan lubang udara. Desain ini secara khusus diadopsi dari GRMN Yaris dan dikembangkan berdasarkan pengalaman berharga dari ajang Japanese Rally Championship. Tujuannya sangat jelas: meningkatkan efisiensi pendinginan dengan membuang panas berlebih dari ruang mesin secara optimal, sebuah kebutuhan krusial bagi mobil performa tinggi.
Aspek downforce juga menjadi perhatian utama dalam pengembangan paket ini. Sebuah lip spoiler depan bertugas menjaga stabilitas aerodinamika dengan efektif menekan gejala lift atau pengangkatan di bagian moncong mobil. Toyota mengklaim, perangkat ini dirancang berdasarkan masukan langsung dari pembalap profesional Oshima, memastikan fungsinya benar-benar teruji di lintasan.
Melanjutkan ke sisi samping, tepat di balik roda depan, terdapat fender duct yang berperan penting dalam melepas udara yang terjebak di rumah roda. Dampaknya terasa signifikan, pengemudi akan merasakan sensasi setir yang lebih natural saat mobil bermanuver keras akibat pengereman. Selain itu, komponen ini juga berkontribusi menjaga kestabilan optimal ketika melibas tikungan dengan kecepatan tinggi, memberikan kontrol yang lebih presisi.
Tidak hanya bagian atas dan samping, area kolong mobil juga tak luput dari sentuhan penyempurnaan. Toyota menambahkan under cover tangki bensin yang didesain khusus untuk mengoptimalkan aliran udara di bawah bodi kendaraan. Bentuknya yang rata di bagian bawah terinspirasi langsung dari desain tangki bahan bakar pada mobil balap, menegaskan fokus pada efisiensi aerodinamika menyeluruh.
Bergerak ke buritan, paket ini mencakup rear bumper duct yang berfungsi krusial dalam mengurangi efek “parasut” pada bumper belakang, sebuah fenomena yang dapat meningkatkan drag atau hambatan udara. Perangkat ini dikembangkan agar mampu bertahan menghadapi kerasnya kondisi balap. Melengkapi performa belakang, di atap kini terpasang rear wing yang sudutnya dapat diatur, memungkinkan penyesuaian optimal sesuai kebutuhan aerodinamika atau gaya berkendara.
Mengingat ini adalah murni paket aerodinamika, sektor dapur pacu dan suspensi Toyota GR Yaris tetap mempertahankan konfigurasi standarnya yang sudah sangat impresif. Mesin bertenaga buasnya masih menyuguhkan tenaga 304 PS pada 6.500 rpm, ditemani torsi 400 Nm yang hadir antara 3.250 rpm hingga 4.600 rpm. Pilihan transmisinya pun masih sama, tersedia manual enam percepatan (iMT) dengan fitur auto-blip yang responsif, atau transmisi otomatis Gazoo Racing Direct 8-speed yang presisi. Keduanya berpadu sempurna dengan sistem penggerak legendaris GR-Four AWD multi-plate clutch, didukung oleh LSD Torsen di depan dan belakang untuk traksi maksimal.
Sektor kaki-kaki juga tetap setia dengan racikan terbaiknya, mengandalkan suspensi MacPherson strut di depan dan double wishbone di belakang untuk handling superior. Performa grip dipercayakan pada ban Michelin Pilot Sport 4S berukuran 225/40 R18, yang membalut velg BBS forged aluminium selebar 8 inci. Di balik velg tersebut, terpasang sistem pengereman bertenaga dengan cakram berventilasi dan kaliper empat piston di depan, serta kaliper dua piston di belakang, siap menghentikan laju sang monster reli jalanan ini dengan aman dan responsif. (AW)