Volume pengiriman J&T Express meningkat 60 persen YoY

Posted on

VOLUME pengiriman J&T Express di Indonesia hingga kuartal III 2025 meningkat lebih dari 60 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain mencatatkan pertumbuhan secara tahunan, J&T Express juga menjaga kualitas layanan pengiriman sepanjang 2025. Hal ini tercermin dari konsistensi ketepatan waktu pengiriman, bahkan ketika musim lonjakan pengiriman, seperti tanggal kembar dan Ramadan. Dari sisi kategori, pengiriman didominasi oleh produk fesyen, dokumen, dan kecantikan, sejalan dengan meningkatnya kebutuhan pengiriman yang makin beragam. Lebih lanjut, kota tujuan pengiriman terbanyak adalah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Robin Lo, CEO J&T Express menyampaikan, pertumbuhan volume pengiriman menjadi indikator meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap layanan J&T Express.

“Pencapaian ini menjadi pemacu bagi kami untuk terus memprioritaskan kepuasan pelanggan melalui peningkatan layanan operasional. Dengan layanan yang semakin andal, kami berharap tingkat loyalitas pelanggan tetap terjaga dan pertumbuhan bisnis dapat berlangsung secara berkelanjutan,” kata Robin Lo dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu, 17 Desember 2025.

Untuk mendukung tren peningkatan tersebut, J&T Express terus memperkuat infrastruktur dan layanannya. Saat ini, J&T Express telah mengoperasikan fasilitas automatic sorting system di 19 gateway di Medan, Palembang, Lampung, Tangerang, Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, dan Surabaya. Kehadiran sistem sortir otomatis ini mampu meningkatkan kapasitas penyortiran hingga 4 kali lebih cepat dibandingkan sistem konvensional, sehingga mempercepat proses distribusi dan meningkatkan akurasi pengiriman.

Di sisi layanan, tahun ini J&T Express juga menghadirkan Drop Point Signature, outlet modern yang dilengkapi ruang tunggu ber-AC, marketing helpdesk, dan area packing khusus. Dirancang dengan konsep lebih premium, Drop Point Signature hadir untuk menciptakan pengalaman berkirim barang yang lebih nyaman dan ramah untuk para pelanggan. Hingga saat ini, layanan ini telah hadir di 10 kota di Indonesia yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, dengan target pada 2026 telah memiliki hingga 40 outlet.

Sejalan dengan penguatan kinerja dan inovasi layanan, Robin Lo juga mengungkapkan bahwa J&T Express berkomitmen menjalankan pertumbuhan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. “Bagi kami, ekspansi bisnis dan peningkatan kapasitas operasional perlu berjalan beriringan dengan kontribusi yang berdampak nyata bagi masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Memasuki akhir tahun 2025, J&T Express optimistis kinerja pengiriman sepanjang tahun ini akan terus tumbuh, seiring lonjakan volume selama momentum Harbolnas 12.12 serta periode Natal dan Tahun Baru 2026 (Nataru). Optimisme ini berdasarkan pada kinerja pada tahun sebelumnya, d imana kuartal IV menjadi periode dengan volume pengiriman tertinggi sepanjang 2024, yakni menyumbang 30,2 persen dari total pengiriman tahunan.

“Kami optimistis J&T Express dapat terus tumbuh secara berkelanjutan, sejalan dengan besarnya potensi industri logistik nasional, didorong oleh perkembangan e-commerce, serta meningkatnya kebutuhan pengiriman yang cepat dan andal,” tutup Robin Lo.

J&T Express adalah penyedia layanan logistik global dengan bisnis jasa pengiriman ekspres terkemuka di Asia Tenggara dan Cina, pasar terbesar dengan pertumbuhan tercepat. Didirikan pada tahun 2015, jaringan J&T Express menjangkau tiga belas negara, termasuk Indonesia, Vietnam, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, Singapura, Cina, Arab Saudi, UEA, Meksiko, Brazil dan Mesir.

Pilihan Editor: Upah Minimum Provinsi 2026 Naik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *